Kisah Banser: Banser dan Rhoma Irama

Laduni.ID, Jakarta – Setuju atau tidak, lagu Begadang adalah lagu nomor dua terpopuler setelah Indonesia Raya. Bukan saya yang ngomong, tapi Iwan Fals. Soal cerita di balik panggung saat roadshow, ada sebuah kisah mengelitik.

Ceritanya, waktu itu Rhoma Irama menggelar konser di salah satu kota di Jawa Timur. Persiapan sudah matang, termasuk urusan sound system dan tata panggung. Setting panggung diperketat, tiada seorangpun yang bisa mendekati panggung, apalagi saat Soneta sedang tampil. Para Banser juga diminta untuk berjaga di sekeliling panggung, mereka pun siap.

Entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba ada seorang kiai yang nyelonong. Ya, nyelonong berjalan santai di atas panggung, di depan Bang Haji Oma yang sedang menyanyi. Dia melintas santai saja, dengan ekspresi tanpa rasa bersalah.

Tentu, mata Bang Haji pun menyiratkan keheranan, “Ini siapa sih, main lewat saja.” Untunglah pimpinan Soneta itu masih fokus pada show-nya.

Alhasil, manajer Bang Haji Oma menegur pimpinan Banser. “Itu kok bisa ada kiai nylonong lewat santai di depan Bang Haji saat beliau lagi tampil? Kacau nih. Ini pelanggaran berat,” protes salah satu tim Soneta.

“Iya pak, kami juga bingung. Nggak berani negur, soalnya beliau itu guru kami,” jawab komandan Banser sambil cengar-cengir.

Itu di antara sekian cerita Banser tidak berkutik di hadapan kiainya, ada-ada saja.

Sumber cerita: Gus Ahmad Khubby Ali R

Oleh: Rijal Mumazziq Z


Editor: Daniel Simatupang

https://www.laduni.id/post/read/73809/kisah-banser-banser-dan-rhoma-irama.html