Santri & Kyai #39

Santri & Kyai #39

Santri & KyaiPagi ini aku tidak meladang,, aku meneruskan kerja di pasar,, menjadi pegawai di toko china,, tak langsung kerja,, aku diajak ngobrol dulu, ditanya kemana saja kemarin sekian bulan tak datang,, setelah aku jawab sekedarnya,, aku yg berganti tanya,, sebab sangat jarang aku menemukan kesempatan bisa berbincang dengannya,,

“Koh,, kalau gak keberatan nih,, saya mau tanya,, apa rahasia sukses orang china?”

“Kemandirian jang,, cuma itu rahasianya,,”

“Masa cuma itu koh?!”

“Kemandirian itu bukan cuma itu jang,, elu kira gampang? Elu kudu kerja keras, kudu usaha lebih, kudu gak kepincut jd pegawai orang,, kudu berani ambil resiko,, kudu kuat banting,, dan kudu cerdas jang,,”

“Susah ya koh?!”

“Haha,, elu gimana sih jang, jadi orang kudu mau susah,,, itu namanya proses, ayam aja mau berproses,, subuh udah bangun cari makan,, padahal klo dia mau bangun jam brp aja ttp aja makanan melimpah di tanah,, kambing juga gitu,, gak ada yg malas,, bahkan babi aja stabil pola hidupnya,,,”

“Haha,, iya koh,, jd malu saya kalo dibandingin ma hewan,,”

“Ya biar lu mikir jang,, biar hidup lu gak ringkih,, jangan ikut gua lama2,, lu gak bakal mandiri nanti,, lu kudu berani usaha sendiri,, lu liat keluarga gua, jd pedagang ma pengusaha,, kagak ada yg mau jd pegawai,,”

“Iya sih koh,, tp kok bisa sukses semua ya koh?!”

“Kagak ada yg namanya sukses jang,, bisnis itu,, kalo manajemen lu baik,, semua bekerja optimal,, maka perusahaan jalan,, orang lain bilang sukses,, nah kalau menajemen lu hancur,, ya bakal bangkrut jang,,”

“Tapi modal saya enggak punya,, kemampuan manajemen enggak ada,, pengalaman juga nol,, bikin yg kecil saja saya ndak bisa koh,,”

“Hmmm,,, yg kayak model kamu ini banyak kodi jang,, elu mikir gitu ya itu dapatnya elu,, Tuhan itu menyesuaikan skala umatnya jang,, elu bikin skala minder,, Tuhan mengabulkan,, elu yakin bisa mandiri dan elu maksimal mewujudkan,, Tuhan gak mungkin diam jang,, perkara modal,, pengalaman,, dsb,, gua juga dulu cuma modal cepek doang,, seratus ribu, masalah pengalaman,, gua punya,, pengalaman gua waktu itu cuma satu jang,, bosan melarat,, udah itu aja,,,”

“Tapi Koh,,”

“Elu kalau ama gua,, jangan banyak tapi,, jawaban pecundang begituan,, udah kerja elu sana,, pikirin apa kata gua tadi,, klo dah bisa,, elu praktekin,, gak cuma jd pemikir saja,, mau jadi filosof emangnya,, dah gua juga balik kerja,,,”

Check Also

Santri & Kyai #31

Santri & Kyai #28 “Mbah,, apa resiko bagi kita kalau berhenti belajar? Kenapa agama kok …

Leave a Reply