Pesantren Darul Falah Be-Songo Gelar Program Santripreneur se-Kota Semarang

Pesantren Darul Falah Be-Songo asuhan Dr KH Imam Taufiq M.Ag dan Nyai Hj Arikhah M.Ag akan menggelar program Santripreneur bertajuk ‘Roadshow Penguatan Ekonomi Pesantren melalui Produksi Kerajinan Tangan dan Teknologi Kimia’ tanggal 16 Februari 2015 mendatang di pesantren tersebut.

Program roadshow yang merupakan kerjasama antara Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo dan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) ini diperuntukkan bagi kaum muda santri, alumni pondok pesantren, serta pemerhati ekonomi kreatif  pesantren se-Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Program ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan sentra ekonomi pesantren yang bisa menyejahterakan masyarakat,” ujar Ketua Panitia, Ahmad Maftuh, Kamis (12/2).

Selain itu untuk mengembangkan ekonomi pesantren, lanjutnya, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan skill para santri dalam bidang ketrampilan. Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa program roadshow santripreneur ini akan dihadiri oleh sekitar dua puluh pesantren se-Kota Semarang.

Dia juga menerangkan, format acara yang digelar, selain adanya training wirausaha juga akan dilakukan pelatihan ketrampilan. Ia juga menambahkan, pelatihan ketrampilan ini meliputi dua hal, pertama, pelatihan manik-manik yang meliputi pembuatan bros gantung, gantungan kunci, hiasan stoples, tas yang terbuat dari manik-manik. Kedua, Pelatihan teknologi kimia yang meliputi pembuatan sabun cair, shampoo, minyak angin, dan minyak wangi.

“Dua pelatihan tersebut akan dipimpin langsung oleh Ibu Nyai Hj Arikhah dan timnya,” terang dia.

Narasumber yang didaulat hadir yang juga sekaligus roadshow pungkasan oleh HIPSI di sembilan kabupaten se-Jawa Tengah diantaranya adalah Pengurus Pusat HIPSI, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang, Kepala Balai Latihan Kerja Industri Provinsi Jawa Tengah, dan Kota Semarang, serta pihak Telkomsel.

Selain itu juga akan dihadiri oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo. “Kegiatan ini akan dihadiri oleh Rektor UIN Walisongo sekaligus adanya MoU antara pihak UIN dengan HIPSI,” terang KH Imam Taufiq saat ditemui di kediamannya.

Selain beberapa narasumber tersebut, kegiatan ini akan dimeriahkan oleh aksi panggung dari grup band Semar berkolaborasi dengan tim rebana Darul Falah Be-Songo. Rencananya, acara akan disemarakkan dengan adanya stand pameran beberapa produk Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo. (Hanita Masitoh/Fathoni)

Check Also

Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Bakal Dirikan Sekolah Tinggi Tasawuf

Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Pakandangan, Kecamatan VIan  Lingkungan, Kabupaten Padangpariaman  terus berupaya meningkatkan jenjang …

Leave a Reply