KH Adnan Qohar : Selamat Jalan Sang Inspirator

IMG-20150414-WA0035Setelah meninggalnya Kyai Mujab Tohir, Kyai Hasyi, Kyai Maghfur, Muhayat Syah dan beberapa kyai besar Ponorogo lainnya, praktis hanya Kyai Adnan Qohar yang sering menjadi rujukan jamaah Nahdhatul Ulama Ponorogo. Kyai Adnan adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al Ghozali Cokromenggalan Ponorogo.

Masih terpatri beberapa ungkapan khas Kyai Adnan seperti, panggilan “kang” kepada hampir semua orang dewasa. Hal ini menunjukkan kerendahatian beliau, dengan menempatkan orang lain diatasnya, tanpa harus merendahkan diri. Juga kegalauan beliau saat banyak ulama NAhdhatul Ulama Ponorogo yang meninggal secara hampirbersamaan. “gek moso sak aku iki dicelok kiyai. Opo wis ora eneng neh…”.

Namun, ungkapan-ungkapan renyah itu tak akan muncul kembali. Selasa 14 April 2015 jam 16.30 WIB, beliau telah dipanggil gantungan hatinya. Kita hanya bisa mengenang dan meneladani akhlak beliau. Sekolah Mualimin akan terus menjadi saksi yang akan terus mengalirkan nafas perjuangan dan ghiroh ke-NU-anmu. Selamat jalan kyaiku…

Check Also

KH Ahmad Siddiq: Negara Indonesia Dan Pancasila Sudah Final

KH Ahmad Siddiq (1926-1991) adalah tokoh kharismatik Nahdlatul Ulama (NU) asal Jember, Jawa Timur, murid …