IMNU Ponorogo kembali sukses menggelar Pelatihan Online Shop

Cuaca cerah pada siang hari itu (3/3) sejalan dengan suasana hati panitia gelaran Pelatihan Santri Olshop. Ya, IMNU Ponorogo, yang baru saja dibentuk, pada hari sabtu kemarin mengadakan pelatihan online marketing yang bertajuk Pelatihan Gratis Santri Olshop. Bertempat di Aula Kampus INSURI Ponorogo, pelatihan tersebut mendatangkan Kang Ichvan Setiawan, yang biasa disapa Kang Ivan, senior pelaku bisnis Online dari Magelang.

Pelatihan santri olshop kali ini mengambil tema Wujudkan kemandirian umat demi tegaknya islam . Cukup besar antusiasme warga Ponorogo dalam mengikuti pelatihan ini. Terbukti, dari 40 kuto peserta yang ditetapkan panitia hadir lebih dari 50 orang. Pesertanyapun juga beragam dari berbagai latarbelakang pekerjaan, mulai dari santri, mahasiswa, pelaku bisnis, bahkan ibu rumah tanggapun juga hadir dalam acara tersebut.

Antusiasme warga Ponorogo yang besar menambah semangat Kang Ivan dalam menyampaikan materinya. Ia menyampaikan kisah suka dukanya dalam dunia online shop, yang sudah ia mulai sejak 5 tahun silam. Untuk memulai bisnis, kita harus punya faktor penekan Kata Kang Ivan memulai cerita soal kegagalannya dalam usaha yang pernah dijalaninya pernah merugi ratusan juta rupiah dan menyisakan hutang. Faktor penekan itulah yang membuat Kang Ivan berfikir keras supaya dia bisa bangkit dari kegagalan dan segera melunasi hutang-hutangnya. Dan pilihan itu jatuh pada bisnis Online.
Pemaparan langsung lika-liku bisnis internet marketing dari pelaku asli tampak membuka harapan besar dari para peserta untuk ikut sukses dalam dunia internet marketing. Kang Barok selaku ketua panitia mengaku bahagia dan bangga, acara yang dia dan teman-teman IMNU Ponorogo adakan, menambah semangat peserta untuk siap sukses dalam bisnis internet marketing. Karena sejalan dengan visi-misi NU dalam pemberdayaan umat khususnya didibang ekonomi.

Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah peserta diharapkan mampu secara mandiri menjalankan bisnis internet marketing. Untuk itu, dari 50 peserta yang ada akan dibentuk kelompok-kelompok kecil. Dari kelompok-kelompok kecil tadi akan dilakukan mentoring intensif oleh para sahabat IMNU Ponorogo, seperti Kang Gofur, Kang Ade, Kang Zam, dan Kang Barok sendiri yang sekaligus sebagai ketua panitia.

Jangan pula dilupakan, suksesnya acara ini juga berkat dukungan dari HMJ Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, INSURI Ponorogo yang sekaligus sebagai panitia lokal, dan beberapa Banom NU seperti : GP Ansor, Fatayat, IPNU, dan IPPNU Ponorogo. Juga tentu ada dukungan moral spiritual dari sesepuh NU Ponorogo.

Semoga acara semacam ini lebih banyak digelar diberbagai daerah di Indonesia. Diharapkan pelatihan internet marketing seperti ini dapat membawa manfaat yang besar bagi Nahdiyin sebagai upaya pemberdayaan ekonomi.

Selain itu pelaku bisnis internet marketing juga dapat membantu memerangi hoax dan menebarkan Islam yang ramah, Islam cinta damai, dan Islam yang rahmatan lil alamin. (Adb/Ans)

 

Check Also

Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo Juara Liga Santri Nusantara 2017

Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo Juara Liga Santri Nusantara 2017

Bandung, NU Online Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo, akhirnya keluar sebagai juara Liga Santri Nusantara …