Hisaniyah Kalbar Gelar Haul Pendiri Pesantren Raudlatul Ulum Malang

maHisaniyah (Himpunan Santri dan Alumni Kyai Yahya Syabrowi) Kalimantan Barat menggelar haul ke-28 KH Yahya Syabrowi pendiri Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 (PPRU 1) Ganjaran Kecamatan Gondang Legi Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung di masjid Jami’ Babussalam Peniraman Kecamatan Sui Pinyuh Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Ahad (8/2) ini dihadiri ratusan orang dari berabagai daerah di Kalimantan Barat. Mereka terdiri dari Ulama, Alumnus, wali santri dan lapisan masyarakat.

Turut hadir dalam Khaul ini Nyai Hj Mamnunah (Istri KH Yahya Syabrowi), KH Ahmad Hariri Yahya, KH Muchlis Yahya (Pengasuh PPRU 1 saat ini), Gus Abdurrahman Ghoffal serta Wakil Bupati Kabupaten Mempawah, Gusti Ramlan, S.Sos.

Dalam mauidzatul hasanahnya, Gus Abdurrahman Ghaffal mengingatkan kembali kepada para tamu yang hadir bahwa melaksanakan haul itu memiliki dalil yang bisa dijadikan pedoman.

“Jangan khawatir dalam melaksanakan dan melestarikan amalan warga nahdliyin ini, dulu Rasulullah setiap tahun selalu berziarah ke makam para sahabat yang meninggal pada saat perang uhud, yang dalam bahasa kita dikenal dengan haul (satu putara) tiap tahun ini,” terangnya.

Gus Ghaffal juga mengajak dan meminta bantuan kepada para alumni dan wali santri untuk dapat membantu melestarikan dan mengajarkan paham aswaja seperti yang telah dilakukan oleh almarhum KH Yahya Syabrowi salah satunya dengan melajutkan perjuangannya di dunia pendidikan pesantren.

“Kita harus menguatkan ajaran aswaja dan terus melanjutkan perjuangan almarhum KH Yahya agar warisan ilmunya dapat terus kita rasakan bersama,” sambung cucu menantu KH Yahya yang juga kepala sekolah SMK Al-Khozini ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlan, S.Sos saat menyampaikan sambutannya berharap, kegiatan ini tidak sekedar seremonial saja, tetapi dijadikan ajang silaturahmi para alumni lintas generasi dan diharapkan dapat memberi masukan kepada pemerintah khususnya dalam dunia pendidikan.

Pihaknya berharap para alumni pesantren Raudlatul Ulum ini khususnya untuk daerah Kabupaten Mempawah dapat mengevaluasi dan mengkonsolidasikan untuk mendirikan perguruan tinggi (PT) agama.

“Mengingat di sini hanya ada satu PT agama, kami dari pemerintah siap membantu semaksimal mungkin jika alumni PPRU 1 mampu menggagas berdirinya PT agama tersebut,” ujar Gusti Ramlan.

Selain itu, Ketua Hisaniyah Wilayah Kalbar, Ustadz Fauzi Abu Bakr menjelaskan, pada kesempatan haul ini juga akan dilaksanakan pengukuhan pengurus HISANIYAH tingkat wilayah Kalbar, Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Mempawah, dan Kuburaya serta perwakilan luar negeri untuk periode 2015-2020. (Khairul Mulyadi/Fathoni)

Check Also

Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Bakal Dirikan Sekolah Tinggi Tasawuf

Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Pakandangan, Kecamatan VIan  Lingkungan, Kabupaten Padangpariaman  terus berupaya meningkatkan jenjang …

Leave a Reply