Cetak Kader Pejuang Ranting, PAC Babadan dan Jenangan gelar PKD

PKD Babadan dan JenanganSebagai salah satu bentuk RTL dari Pelatihan Kader Dasar (PKD) pengurus PAC Durisawo (12 sampai dengan tanggal 14 Desember 2014), PAC wajib mengadakan PKD untuk seluruh pengurus tingkat rantinr. PKD tingat pengurus ranting ini, bisa dilakukan oleh PAC secara mandiri atau gabuangan dari 2 PAC.

Bulan Januari, tepatnya tanggal 1 Januari-2 Pebruari 2015, gabungan PAC Babadan dan PAC Jenangan melakukan PKD tingkat Ranting. Di ikuti oleh 81 peserta pengurus ranting di kedua PAC. Dalam PKD ranting kali ini, selain dikuatkan dari sisi riyadhoh, juga mendapatkan materi-materi wajib PKD pada umumnya.

Bekerjasama dengan Tim instruktur dari PC GP Ansor Ponorogo, PKD tingkat ranting, dititik beratkan untuk meingkatkan ghiroh perjuangan GP Ansor di tingkat ranting. Perubahan titik berat ini, karena disadari, bahwa para pengurus ranting adalah ujung tombak dalam mengawal khasanah ke-NU-an, sekaligus sebagai kader pejuang dilingkungan masing-masing. Keberhasilan Kader Pejuang Ranting, sangat menentukan dalam menjaga proses pengkaderan berikutnya.

Dalam PKD Tingkat Ranting, para peserta belajar memahami pola gerak Kader Pejuang, yang sangat berbeda dengan pola gerakan organisasi-organisasi modern ala manajemen barat. Mereka belajar, bagaimana melakukan pendekatan kultural dalam bingkai struktural. Para peserta yang sudah terbiasa berorganisasi secara modern, sering telihat agak gagap dalam memahami pola pemdekatan ini.

Bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Huda Cekok Babadan Ponorogo, para peserta belajar bersama, bagaimana menganalisa hasil rihlah yang mereka lakukan. Selain dibimbing oleh Tim Instruktur PC GP Ansor Ponorogo, mereka dibimbing oleh jajaran MWC Babadan dan Satkorcab Banser Ponorogo.

 

 

Check Also

Antara qurban dan aqiqah

Antara aqiqah dan qurban, Manakah yang harus didahulukan ?

Pembahasan kali ini masih melanjutkan pertanyaan dari sahabat Nurgianto yang ada di Lampung Barat. Adapun …

Leave a Reply